Delineavit (DEL) – Digambar oleh ...

Delineavit - Pada beberapa uang kertas kuno dibawah era tahun 1990an, jika kita amati, seringkali kita menemukan tulisan kata seperti HERU SOEROSO DEL, dimana Heru Soeroso adalah nama orang, sedangkan DEL merupakan kependekan dari kata Delineavit, yang artinya “digambar oleh”, "dilukis oleh", atau "dirancang oleh".

Dengan kata lain HERU SOEROSO DEL artinya merujuk pada sebagaimana paragraf pertama diatas oleh Heru Soeroso. Kata Delineavit yang disingkat DEL, berasal dari Bahasa Latin (Lihat Merriam Webster Dictionary).


Beberapa penyebutan kata DEL dimana sebelum kata tersebut selalu dibarengi dengan nama orang seperti tampak pada beberapa mata uang tahun emisi seperti yang dapat pembaca terhormat temukan pada:
  • HERU SOEROSO DEL., (pada uang kertas 100 Rupiah 1984 Goura Victoria)., 
  • SOERIPTO DEL (pada uang kertas 500 Rupiah 1988)., 
  • A L RORING DEL (pada uang kertas 1000 Rupiah 1987 Sisingamangaraja XII)., 
  • JUNALIES DEL (pada uang kertas 1 Rupiah 1968 Seri Sudirman) 
  • Dan lain sebagainya.
Seperti yang disebutkan diatas, memasuki era 1990an, kata DEL tidak lagi dipakai dan sebagai penggantinya ditulislah tahun emisi. Misalnya seperti yang pembaca terhormat lihat pada uang kertas 500 Rupiah 1992 Orang Utan, dimana pada koleksi saya pada uang kertas tersebut tertulis PERUM PERCETAKAN UANG RI IMP 1997.

2 Responses to "Delineavit (DEL) – Digambar oleh ..."